Jangan Putus Asa, Ini 5 Hal yang Bisa Dilakukan Jika Tak Lolos SNBP 2024

Read Time:1 Minute, 50 Second

JAKARTA – 5 Hal yang Bisa Dilakukan Jika Gagal SNBP 2024 Pengumuman SNBP 2024 terbit pada Selasa, 26 Maret. Sebanyak 156.029 peserta Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024 dinyatakan berhasil masuk ke kampus negeri impiannya.

Namun di sisi lain, semakin banyak siswa yang gagal di SNBP 2024. Apa yang bisa dilakukan oleh calon SNBP yang dinyatakan gagal? Untuk menjawabnya, artikel kali ini akan membahasnya, simak yuk!

5 Hal yang Bisa Dilakukan Jika Gagal SNBP 2024

1. Mendaftar ke SNBT

Langkah selanjutnya setelah gagal SNBP adalah mendaftar Seleksi Nasional 2024 (SNBT). Pendaftaran SNBT 2024 dapat dilakukan sekarang hingga tanggal 5 April 2024.

Seperti halnya SNBP, jalur SNBT juga masuk dalam seleksi SNPMB 2024. Bedanya, pada jalur ini siswa akan mengikuti ujian tertulis berbasis komputer (CWET) sebagai faktor kelulusan.

2. Pertimbangkan seleksi mandiri

Masuk kampus tidak selalu bisa lewat SNBP atau SNBT. Anda dapat mencoba rute mandiri untuk masing-masing PTN tujuan. Seleksi mandiri PTN juga memiliki banyak jalur antara lain rapor, hasil UTBK, prestasi akademik/nonakademik, hafiz dan masih banyak lagi.

3. Cobalah sekolah formal

Memang, melintasi PTN menggunakan jalur SNBP akan memakan biaya lebih murah dibandingkan melalui jalur mandiri. Namun perlu Anda ketahui bahwa ada pendidikan tinggi yang siswanya tidak perlu mengeluarkan biaya untuk pendidikan.

Misalnya sekolah dinas. Sekolah resmi berada di bawah naungan kementerian sehingga pendidikan digratiskan. Selain itu, lulusan sekolah formal berpeluang menjadi pegawai negeri sipil (PNS).

Ada beberapa sekolah kedinasan yang bisa anda coba jika gagal SNBP seperti PKN STAN, STIN, IPDN, Poltek SSN, STIS, Poltekim, PTDI-STTDI dan sekolah kedinasan lainnya.

4. Kuliah di kampus swasta

Kegagalan dalam SNBP, SNBT atau seleksi masuk sekolah resmi bukan berarti akhir dari kegagalan di universitas. Faktanya, masih ada kampus swasta yang bisa kamu coba.

Saat ini banyak terdapat kampus swasta yang kualitasnya tidak kalah dengan kampus negeri. Selain itu, Anda tidak perlu khawatir dengan biaya kuliah yang mahal karena banyak universitas yang memberikan beasiswa.

5. Tahun Jeda

Jika bergabung di PTN merupakan impian besar Anda sehingga tidak tertarik untuk mendaftar di PTN lain, maka gap year bisa menjadi solusinya. Gap year dirancang untuk memberikan jeda antara meninggalkan sekolah dan melanjutkan studi di universitas.

Umumnya banyak lulusan SMA/sederajat yang memilih rehat setelah gagal dalam SNPMB. Tahun depan, ia akan kembali mengikuti SNBT.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Inilah Resep Bakwan Sayur Kol yang Renyah dan Kering, Minim Serap Minyak
Next post Terkena Paparan Cahaya Saat Tidur Malam Tingkatkan Risiko Stroke Sebanyak 43 Persen