Cara Cek Kartu Vaksin Tanpa Aplikasi, Mudah dan Gampang Banget

Read Time:3 Minute, 58 Second

robbanipress.co.id, Jakarta Pengecekan kartu vaksin tanpa menggunakan aplikasi kini lebih mudah dilakukan, terutama bagi mereka yang tidak memiliki akses ponsel pintar canggih atau ingin menghindari mengunduh aplikasi tambahan. Meski kita sudah memasuki masa endemi, namun penting sekali untuk mengecek kartu vaksin.

Sejumlah metode praktis telah disediakan untuk memastikan bahwa setiap orang dapat mengakses informasi vaksinasi mereka dengan cepat dan efisien. Cara tersebut meliputi penggunaan website resmi dan layanan SMS yang dapat diakses oleh semua kalangan.

Sertifikat vaksin berguna sebagai bukti bahwa seseorang telah divaksinasi, yang mungkin diperlukan saat mengunjungi tempat umum atau bepergian. Tak hanya itu, akses cepat terhadap sertifikat vaksin dapat membantu mempercepat berbagai proses administrasi dan kesehatan.

Berikut robbanipress.co.id analisa cara verifikasi kartu vaksin tanpa aplikasi yang dirangkum dari berbagai sumber pada Selasa (28/05/2024).

Mereka yang sudah disuntik vaksin akan mendapatkan sertifikat vaksin di aplikasi PeduliLindungi yang kini telah diubah menjadi SatuSehat Mobile. Ini tandanya seseorang sudah mendapat vaksin Covid-19. Namun, Anda dapat mengecek dan mendownload sertifikat vaksin tanpa aplikasi: 1. Cek melalui SMS

Bagi Anda yang sudah disuntik vaksin booster akan menerima SMS dari nomor 1199 yang berisi link akses untuk mengecek sertifikat vaksin dan informasi mengenai vaksin booster (data jadwal dan lokasi). Cara cek sertifikat vaksin dan mendownloadnya, berikut langkah-langkahnya: Klik link yang dikirimkan dengan nomor 1199. Anda akan diarahkan ke website PeduliLindungi. Buat akun melalui website dengan memasukkan nomor telepon atau email Anda (bisa pilih salah satu) dan verifikasi dengan kode OTP. Kemudian akan muncul sertifikat vaksinasi atas nama Anda. Klik pada sertifikat vaksin booster. Lalu klik Download Sertifikat untuk menyimpan sertifikat vaksin ke smartphone Anda. 2. Cek sertifikat vaksin langsung di website

Setelah itu, Anda bisa langsung mengecek sertifikat vaksin Covid-19 melalui situs resmi PeduliLindungi tanpa harus mendownload aplikasinya. Selain menyediakan aplikasi, PeduliLindungi juga menyediakan website resmi untuk mengakses sertifikat vaksin. Ikuti caranya di bawah ini: Buka situs resminya di aplikasi browser (www.pedulilindungi.id) Setelah itu, akan muncul kalimat “Sudahkah Anda menerima vaksinasi Covid-19?” Periksa sertifikat Anda di sini”. tampilan situs web. Klik di sini untuk melanjutkan pemeriksaan sertifikat vaksinasi. Masuk atau daftarkan akun terlebih dahulu. Silakan masukkan kode verifikasi OTP yang dikirimkan melalui SMS. Setelah selesai otentikasi, pilih menu Sertifikat Vaksin. Klik pada sertifikat vaksinasi atas nama Anda. Sertifikat vaksinasi akan ditampilkan. Pilih vaksin ketiga lalu klik Unduh Sertifikat. 3. Bisa melalui aplikasi WhatsApp

Setelah itu, Anda bisa melakukan pengecekan sertifikat vaksin Covid-19 menggunakan chatbot WhatsApp resmi milik Kementerian Kesehatan RI yang dikhususkan untuk mengakses informasi terkait sertifikat vaksin. Pertama-tama pastikan Anda memiliki akun PeduliLindungi, karena nantinya Anda akan dimintai informasi nama dan NIK yang dimasukkan ke dalam aplikasi. Berikut cara lengkapnya: Simpan nomor WA Kementerian Kesehatan RI di 0811-1050-0567. Chat “Halo” dengan kontak di kolom chat WhatsApp. Akan ada balasan pesan dan klik menu utama. Klik lagi menu Sertifikat Vaksin untuk melanjutkan akses. Setelah itu, Anda akan diminta memasukkan nomor telepon yang terdaftar di akun PeduliLindungi Anda. Kode OTP akan dikirimkan melalui SMS, kirimkan ke chatbot WhatsApp Kementerian Kesehatan RI. Setelah itu akan terdapat 3 menu terkait pengecekan sertifikat vaksin (Download sertifikat, Status Vaksinasi dan Ubah informasi pribadi). Pilih menu yang Anda perlukan. Kemudian Anda akan diminta memasukkan nama dan NIK yang digunakan saat vaksinasi dan didaftarkan di akun PeduliLindungi. Chatbot mengirimi Anda informasi yang Anda butuhkan.

Untuk menggunakan aplikasi SatuSehat, Anda perlu mengupdate aplikasi PeduliLindungi atau mendownload aplikasi SatuSehat langsung ke smartphone Anda. Jika sistem operasi ponsel cerdas Anda disetel untuk memperbarui aplikasi secara otomatis, aplikasi PeduliLindungi mungkin telah berubah menjadi SatuSehat.

Namun jika aplikasi PeduliLindungi masih belum diubah/diperbarui, Anda dapat memperbarui aplikasi tersebut. Seperti dikutip dari informasi Kementerian Kesehatan, berikut langkah mendownload aplikasi SatuSehat: Buka Play Store atau App Store. Cari aplikasi SatuSehat Mobile. Klik “Perbarui” (jika Anda sudah menginstal PeduliLindungi) atau klik “Unduh”. Buka aplikasi SatuSehat Mobile. Centang “Ketentuan Penggunaan” untuk memberikan akses pada aplikasi SatuSehat. Masuk ke akun Anda dengan memasukkan nomor ponsel atau email yang terdaftar di PeduliLindungi.

Setelah itu, pengguna aplikasi akan diarahkan ke halaman utama aplikasi. Untuk memeriksa dan mengunduh sertifikat, ikuti langkah-langkah berikut: Klik tombol Vaksin dan Imunisasi. Tap menu Vaksin Dewasa. Selain itu, Anda dapat menambahkan hingga 6 orang lainnya di akun yang sama. Klik pada nama yang sertifikatnya ingin Anda verifikasi atau unduh. Setelah itu, Anda akan melihat sertifikat yang sesuai dengan yang Anda terima sebelumnya. Artinya, jika mencapai booster kedua, akan ada empat sertifikat di dalamnya. Klik pada sertifikat yang ingin Anda verifikasi atau unduh. Anda akan melihat sertifikat vaksin Covid-19 yang berisi nama penerima, NIK, dan tanggal lahir. Selain itu juga terdapat informasi mengenai jenis vaksin yang diterima, tanggal dan tempat pemberian. Untuk mengunduh sertifikat, tekan tombol Unduh sertifikat di bagian bawah layar.

Sedangkan untuk hasil download, Anda dapat memeriksa dokumen sertifikat di: Folder file di iOS File/folder Download di Android

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Kia EV6 Bersolek, Jadi Lebih Sporty dan Daya Jelajah Bertambah
Next post 403