Cuma dengan 1 Bahan, Ini Trik Rebus Pisang Agar Tetap Kuning Segar dan Tidak Menghitam

Read Time:2 Minute, 4 Second

robbanipress.co.id, Jakarta Dengan iklim tropisnya, tanah di Indonesia sangat cocok untuk menanam pisang. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya 5-8 jenis pisang yang cocok untuk Indonesia.

Faktanya, persediaan pisang di Indonesia melimpah sehingga masyarakat bisa berkreasi mengolah pisang menjadi makanan yang lezat.

Rasa pisang yang manis dan lembut bisa diolah menjadi berbagai olahan lezat, mulai dari camilan, jus, hingga gorengan.

Namun jika dimakan langsung, pisang matanglah yang paling enak. Sebaliknya, pisang yang masih mentah cenderung empuk dan tidak berwarna kuning sehingga sebaiknya dimasak terlebih dahulu.

Namun, saat memasak pisang, baik segar maupun matang, berhati-hatilah agar pisang tidak menghitam. Netizen TikTok/@cookirh punya resep merebus pisang agar menguning, dihimpun Senin (5/8/2024) di bawah ini.

Pertama, siapkan sisir untuk setiap jenis pisang. Namun pisang rebus yang paling enak adalah pisang kaffok. Tanpa perlu dikupas, cuci seluruh pisang dengan air mengalir hingga bersih.

Setelah dicuci bersih, masak pisang dalam wajan. Tambahkan sedikit garam ke dalam rebusan, sekitar satu sendok teh. Seperti yang Anda tahu, garam bisa membuat pisang lebih cepat matang.

Setelah diberi garam, aduk sebentar agar pisang matang tercampur garam. Kemudian tutup wajan agar kuah pisang lebih cepat matang.

Setelah mendidih selama dua puluh lima menit, kompor bisa segera dimatikan. Angkat dan tiriskan pisang matang di piring. Tunggu hingga dingin, barulah pisang matang siap disantap.

Saat Anda sedang berolahraga, pisang matang bisa menjadi pilihan yang baik sebagai sumber energi. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi pisang matang saat berolahraga memiliki efek yang sama seperti minuman berkarbohidrat terhadap ketahanan fisik. Kandungan potasium yang tinggi pada pisang matang juga berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Pisang yang dimasak merupakan sumber serat yang sangat baik. Serat berperan penting dalam menjaga kesehatan pencernaan. Mengonsumsi pisang matang dapat membantu mengurangi risiko sembelit, mengatasi gangguan pencernaan, dan meningkatkan kesehatan usus.

Pisang kaffok yang dimasak kaya akan potasium, namun rendah sodium. Dikenal dapat menurunkan tekanan darah dan menurunkan risiko hipertensi, pisang ini juga cocok dikonsumsi penderita diabetes karena kandungan gulanya yang rendah.

Pisang masak tentunya menjadi pilihan tepat bagi mereka yang sedang diet karena dapat mendukung proses penurunan berat badan. Laporan Fatsecret pada Jumat (30/9/2022) mengungkap dua jenis pisang matang yang umum digunakan. Kefok pisang rebus, misalnya, mengandung sekitar 115 kalori per porsi.

Pisang, sayuran rendah asam, merupakan pilihan yang aman bagi mereka yang memiliki masalah asam lambung. Kandungan buah pisang dapat membantu menenangkan kerongkongan yang teriritasi akibat peningkatan kadar asam lambung. Selain itu, buah berwarna kuning ini dipercaya memiliki khasiat untuk menghilangkan asam lambung, hingga mengurangi gejala sakit maag.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Ide Menu Makan Malam Praktis dan Enak untuk Anak Kosan Sampai Keluarga
Next post Tisya Erni Disebut-sebut Pakai Susuk untuk Pikat Aden Wong, Ahli Spiritual: Karma itu Ada