7 Fakta Ilmiah tentang Air Zamzam, Obat Asam Urat dan Kolesterol

Read Time:2 Minute, 10 Second

JAKARTA – Air Zamzam yang diambil di sekitar Ka’bah dan sudah ada sejak zaman Nabi Ismail diyakini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Hal ini berdasarkan hadis Nabi Muhammad SAW.

Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya air Zamzam itu berkah, sungguh makanan yang bergizi.” (Shahih Muslim: 6513)

Hadits lain juga mengatakan: “Air Zamzam itu sesuai dengan niat orang yang meminumnya.”

Informasi hadis di atas belakangan ini telah dibuktikan secara ilmiah. Hasil penelitian para ilmuwan dunia mengungkap beberapa fakta menarik tentang air Zamzam, yang dirangkum Senin (3/6/2024):

1. Bebas patogen

Air Zamzam terbukti bebas dari partikel pengotor atau mikroorganisme seperti bakteri, virus, atau jamur. Dalam percobaan tersebut diambil beberapa sampel, disentrifugasi dan ditempatkan pada cawan kultur sehingga tidak terlihat koloni bakteri pada medium.

2. Mengurangi asam urat

Air zamzam juga terbukti menurunkan kadar asam urat serum dalam darah. Alkalinitas air dapat menjadi faktor penyebabnya. Universitas Heidelberg melakukan percobaan yang menunjukkan bahwa meminum Zamzam menurunkan kadar asam urat darah (p <0,05). Hal ini dapat dipelajari sebagai agen terapi untuk asam urat.

3. Menurunkan kolesterol

Sebuah penelitian selama tiga bulan menemukan bahwa air Zamzam secara signifikan menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam tubuh.

4. Efek penyembuhan antijamur

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Universitas Katsina di Nigeria, air Zamzam memiliki sifat antijamur seperti yang ditunjukkan oleh obat antijamur.

5. Tidak ada pertumbuhan mikroba

Menurut Journal of Pure and Applied Microbiology, sampel air Zamzam tidak menunjukkan bukti adanya pertumbuhan biologis.

6. Kaya akan mineral

Air Zamzam kaya akan mineral termasuk kalsium, magnesium, potasium, vanadium, besi, seng, kobalt, tembaga, molibdenum, dan natrium. Penelitian ini dilakukan oleh Sains dan Teknologi Kota Raja Abdul Aziz.

7. Sifat antitumor

Zamzam juga memiliki sifat anti kanker, seperti yang dipelajari dalam Advanced Science Letter. Air ini memiliki efek anti oksidan, anti tumor, anti depresan dan anti kecemasan yang khas dari obat anti kanker.

Sebelum meminum air Zamzam, para ulama menganjurkan membaca doa khusus. Laporan dari situs resmi NU, tata cara sebelum meminum air Zamzam adalah membaca Basmala, kemudian berdoa, meminum air Zamzam tiga teguk dan bernapas di sela-sela teguk.

Doa minum air Zamzam dari sahabat Ibnu Abbas ra, diriwayatkan oleh Imam Ad-Daruqutni: Allāhumma innī as’aluka ‘ilman nafi’an, wa rizqan wasi’an, wa syifā’an min kulli dā’in.

Artinya: “Ya Allah, aku mohon dengan ikhlas kepadamu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang melimpah, dan kesembuhan dari segala penyakit.”

Sementara itu, Al-Bujairimi juga mengutip doa air Zamzam dari Ibnu Abbas ra sahabatnya sebagaimana diriwayatkan oleh Ad-Daruqutni: “Ibnu Abbas ra sahabatnya sambil meminum air Zamzam berdoa: “Allāhumma innī as’aluka” ilman nafi’an, wa rizqan, wa wasi”an , wa syifā’an min kulli dā’in,” (Al-Bujairimi: 2006 M/1426-1427 H: II/447-448).

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Cara Menggunakan Kamera 0,5 di iPhone XR agar Hasil Maksimal
Next post Indro Warkop Mengisi Suara Profesor Juned di Si Juki The Movie, Sekalian Nostalgia Era Jadi Penyiar Radio