Gunakan Teknologi Smart Water Meter, PDAM Tirta Asasta Kelola 8.000 Pelanggan
JAKARTA – PT Tirta Asasta Depok (Perseroda), perusahaan air minum daerah di Depok, berhasil mengimplementasikan solusi Smart Water Meter (SWM) digital Indibiz Energi untuk meningkatkan efisiensi operasional perusahaannya.
SWM memungkinkan pemantauan konsumsi air secara real-time, pengukuran akurat, dan bahkan deteksi dini kebocoran pipa di instalasi pelanggan.
Direktur Operasional Tirta Asasta Sudirman mengatakan penerapan teknologi Internet of Things seperti SWM membantu operasional bisnis khususnya di tingkat pelanggan untuk mengukur dan mengontrol proses konsumsi air secara real time.
“Dengan SWM, volume kubik air yang dikonsumsi pelanggan dapat terbaca secara akurat, real time dan dapat dideteksi secara dini bila terjadi kebocoran air pipa di instalasi pelanggan,” jelas Sudirman.
Setelah Tirta Asasta menggunakan solusi SWM digital dari Indibiz Energi, jumlah pelanggan yang dijangkau pun meningkat. “Dari sebelumnya 1.000 pelanggan di berbagai kecamatan di Depok, kini bertambah menjadi 7.000 pelanggan yang dipantau secara real time dengan solusi digital. Jadi totalnya kami kelola 8.000 titik pelanggan,” ujarnya.
Solusi Smart Water Meter digital Indibiz Energi merupakan pelengkap ekosistem Indibiz yang dapat digunakan oleh perusahaan-perusahaan di sektor energi, pasokan air, dan manufaktur.
Bagi Telkom, Indibiz Energi semakin memperkuat posisi Telkom yang saat ini fokus menggarap pasar business-to-business (B2B), khususnya bagi pelaku usaha di sektor air bersih, manufaktur, dan energi, khususnya bagi UKM di wilayah-wilayah di Indonesia.
Keunggulan Meteran Air Pintar Asasta Tirta :
1. Peningkatan Akurasi dan Efisiensi: SWM menyediakan data konsumsi air yang akurat dan real-time, sehingga Tirta Asasta dapat mengoptimalkan pengelolaan sumber daya air dan meningkatkan efisiensi operasional.
2. Deteksi Kebocoran Dini: Fitur deteksi kebocoran pada SWM membantu Tirta Asasta mengidentifikasi dan memperbaiki masalah kebocoran pipa dengan lebih cepat.
3. Peningkatan pelayanan pelanggan: Dengan data konsumsi air yang transparan dan akurat, Tirta Asasta dapat memberikan pelayanan yang lebih baik dan responsif kepada pelanggan.