Gelombang Protes Anti-Turis Pecah di Eropa, Apa yang Bisa Dipelajari Indonesia?

0 0
Read Time:4 Minute, 30 Second

robbanipress.co.id, Jakarta – Protes anti turis menyebar dari Spanyol, Yunani, dan Belanda hingga banyak negara Eropa pada musim panas ini. Apa yang terjadi di benua biru? Mengapa mereka menentang pariwisata? Apa yang bisa dipelajari Indonesia belakangan ini mengenai perekonomian sektor pariwisata?

Salah satu masalah terpenting dari protes anti-pariwisata adalah kenaikan harga sewa dan perumahan yang tidak terkendali. Hal ini membuat warga sekitar sulit memiliki rumah sendiri.

Carlos Ramirez, seorang guru di Barcelona di timur laut Spanyol, telah menabung selama bertahun-tahun untuk membeli rumah pertamanya dan mendapatkan gaji negara yang “layak”. Namun harga-harga meningkat pesat di ibu kota Catalan dan Ramirez khawatir dia akan diusir ke luar kota.

“Semua orang yang saya kenal tinggal di sini,” ujarnya kepada CNN, Senin, 29 Juli 2024. “Tetapi satu-satunya cara untuk tinggal di Barcelona saat ini adalah berbagi dengan dua, tiga, empat orang.”

Seperti penduduk Eropa Selatan lainnya, yang kota-kotanya merupakan tujuan liburan musim panas yang populer, Ramirez menyalahkan pariwisata massal sebagai penyebab kenaikan harga. – Ia mengeluhkan semakin sulitnya warga sekitar, terutama generasi muda, mendapatkan tempat tinggal. “Semakin banyak turis yang datang seiring berjalannya waktu.”

Harga sewa di Barcelona telah meningkat lebih dari 68 persen dalam dekade terakhir, menurut Walikota Barcelona Jaume Collbon. Situasi serupa terjadi di hampir semua kota Eropa lainnya.

Banyak warga setempat yang muak. Beberapa diantaranya telah mengambil tindakan ekstrim untuk menyampaikan keluhan mereka, seperti mengorganisir demonstrasi menentang overtourism di Kepulauan Canary, Spanyol dan menyerukan mogok makan pada bulan April 2024. Protes anti pariwisata di Barcelona pada 6 Juli 2024 misalnya; Dia menembak turis asing dengan senjata air. 

 

Ramirez mengatakan dewan kota Barcelona senang melihat begitu banyak warga menghadiri demonstrasi yang dihadiri sekitar 2.800 orang.

Mengevaluasi kemampuan protes untuk menghalangi wisatawan mengunjungi Spanyol, Ramirez berkata, “Banyak orang, banyak perusahaan kini memperingatkan wisatawan untuk tidak mengunjungi Spanyol karena permusuhan dan alasan serupa. Sejujurnya, menurut saya ini berhasil.” katanya. kota.

Pakar pariwisata berkelanjutan dari Universitas Queensland, Antje Martins, mengatakan dampak reputasi dari protes semacam itu dapat mempengaruhi keputusan perjalanan wisatawan. “Barcelona punya reputasi yang sangat buruk di kalangan wisatawan lain yang tidak mau lagi berkunjung karena takut,” ujarnya.

Secara keseluruhan, ia yakin protes tersebut bukan sekadar konflik antara wisatawan dan warga. “Bagi saya, ini merupakan cerminan luas dari kegagalan mengelola pariwisata secara berkelanjutan,” ujarnya.

“Ketika saya melihat mereka bentrok dengan warga yang memberontak terhadap pariwisata… Saya pikir itu mencerminkan ketidakpuasan mereka karena tidak mendapatkan manfaat apa pun dari pariwisata yang mereka lihat.”

 

Martins berpendapat bahwa masalah terbesar di sini adalah struktural, bukan pribadi. Penduduk yang terkena dampak dari tingkat pariwisata yang tidak berkelanjutan seringkali mendapat upah yang lebih rendah dan sebagian bekerja di industri pariwisata.

Ramirez setuju dengan Martins. “Saya bisa memahami mereka, kami tidak menyalahkan wisatawan secara langsung,” katanya. “Kami ingin menekan pemerintah kami untuk mengubah kebijakan tersebut.”

Mengetahui hal ini, pemerintah banyak kota di Eropa berusaha mengendalikan jumlah pariwisata. Misalnya, otoritas Venesia memberlakukan pajak turis untuk mengatur jumlah wisatawan.

Menurut Walikota Venesia, harga wisata baru sebesar 5 euro (sekitar Rp 88,5 ribu), dimulai pada 25 April dan berakhir pada 14 Juli 2024, akan melebihi 2,4 juta euro (sekitar Rp 42,5 miliar), jauh lebih mahal dari diharapkan. ) memperoleh lebih banyak pendapatan. Menurut Brugnaro, Luigi. Beberapa warganet mengatakan, meski acaranya ramai, namun jumlah penontonnya berkurang.

 

Namun tidak semua orang setuju. Susanna Polloni dari kelompok Housing Solidarity Network yang berbasis di Venesia mengatakan kepada CNN bahwa pajak tersebut tidak hanya tidak berguna tetapi juga berbahaya karena membawa gagasan “Venesia” ke dalam imajinasi internasional, yang berarti wisatawan membeli tiket. Ke Venesia. 

Pariwisata massal telah menyebabkan layanan kesehatan ditutup, pasar digantikan oleh toko suvenir dan harga perumahan meningkat di kota kanal Italia, kata Polloni. “Kita mencapai titik yang tidak bisa kembali lagi,” kata Polloni. “Kami percaya bahwa seruan minta tolong kepada sebuah kota yang mati demi kepentingan segelintir orang harus menjangkau seluruh dunia.”

Selain permasalahan perumahan, permasalahan lain yang menjadi sorotan masyarakat lokal di bidang pariwisata adalah perilaku tidak pantas yang banyak dilakukan wisatawan asing. Contohnya adalah seorang turis wanita yang berpose sugestif dengan patung ikonik kota Florence di Italia. Pada tahun 2023, seorang turis dituduh merusak patung kota abad ke-16, Air Mancur Neptunus di Piazza della Signoria, dan beberapa patung lainnya.

“Sepertinya mereka melakukan sesuatu yang tidak bisa mereka lakukan di negara mereka sendiri,” kata Ramirez. “Kami sangat kecewa.”

Sebastian Zenker, profesor pariwisata di Copenhagen Business School, menjelaskan bagaimana peristiwa seperti ini mendorong beberapa kota untuk meluncurkan “kampanye pemasaran” yang bertujuan untuk mencegah wisatawan tertentu berkunjung. Ia menyinggung kampanye Stay Out di Amsterdam pada tahun 2023 yang menyasar pengunjung pria berusia 18-35 tahun dengan iklan peringatan konsekuensi perilaku anti-sosial.

“Itu adalah cara yang sangat sulit dan kaku untuk menghilangkan pemasaran,” jelasnya. “Hal ini tidak akan menghentikan pesta lajang, namun akan meningkatkan kesadaran bahwa kota ini sedang mengubah peraturannya.”

Di sisi lain, Zenker mengatakan pengalihan destinasi ke wisatawan “berkualitas” juga menimbulkan konsekuensi yang tidak diinginkan. “Jika Anda menaikkan harga dan menarik lebih banyak orang kaya, hal ini akan menyelesaikan efek crowding out, namun juga meningkatkan inflasi dan masalah gentrifikasi.”

Harga menjadi “benar-benar gila” ketika banyak aktivitas “minum turis” dilarang di Majorca. Dia juga mengatakan sebagian besar dana yang terkumpul tidak akan dikembalikan ke masyarakat lokal. Jadi apa solusinya?

“Ini tentang memastikan bahwa wisatawan, atau uang yang dihasilkan oleh wisatawan, diinvestasikan di tempat-tempat dan pekerjaan di mana masyarakat dapat memenuhi kebutuhan hidupnya,” katanya. “[Protes] ini akan terus berlanjut sampai kita menemukan keseimbangan lagi.”

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %