Blibli Gelar Promo Menarik Sambut Ramadan, Tawarkan Cashback hingga Diskon
robbanipress.co.id, Jakarta – Blibli menghadirkan rangkaian promo penjualan spesial bertajuk THR Ramadhan bersama Blibli yang berlangsung mulai 11 Maret hingga 1 April 2024. Dalam aplikasi tersebut, Blibli menawarkan beberapa ide spesial selama periode Ramadhan tahun ini.
Beberapa program yang dihadirkan Blibli adalah kupon Gercep hingga 90 persen setiap hari, ekstra cashback hingga Rp 500.000, brand deals dengan diskon besar, dan penawaran menarik lainnya.
Menurut Manajer Kampanye Blibli, Wilson Kiantoro, aplikasi yang ditawarkan Blibli membuat berbelanja semakin nyaman dan nyaman bagi pelanggan.
Apalagi, mengutip data The Trade Desk pada akhir tahun 2023, satu dari tiga masyarakat Indonesia berencana untuk lebih banyak berbelanja menjelang dan selama bulan Ramadhan menjelang Idul Fitri 2024.
Penelitian ini juga mengklaim bahwa 85 persen dari total responden pernah mencoba beberapa merek baru.
Berdasarkan tren yang terus berlanjut setiap tahunnya, jumlah pembelian di Blibli pada Ramadhan 2023 akan meningkat dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya, kata Wilson dalam keterangan resmi yang diterima, Rabu (13/03/2024).
Berkaca pada program Ramadhan Bareng Blibli tahun 2023, terdapat tiga kategori produk yang paling banyak dicari masyarakat saat berbelanja online, yaitu kebutuhan sehari-hari Bliblimart, peralatan rumah tangga, serta produk kesehatan dan kecantikan.
Untuk itu THR Blibli menawarkan lebih banyak fitur dan kemudahan pada aplikasi ini. Salah satunya adalah Bliblimart yang memberikan berbagai penawaran seperti 2 jam pasti sampai, promo fast sale semua 5K rupiah, dan gratis ongkos kirim.
Selain itu, penjualan barang elektronik meningkat positif selama bulan puasa. Misalnya, jumlah mesin cuci meningkat dua kali lipat selama Ramadhan tahun lalu.
Untuk itu, Blibli kembali memberikan penawaran promosi menarik pada produk elektronik konsumen seperti mesin cuci, penyedot debu, TV, dan AC. Ada juga beberapa kupon menarik dan fitur instalasi gratis 0%.
Pada periode ini, Blibli juga memberikan promo spesial untuk pembelian produk Samsung dengan cashback hingga Rp 500.000 untuk beberapa produk.
Di sisi lain, Blibli juga mengungkap bagaimana mereka menerapkan teknologi kecerdasan buatan (AI) dalam layanan purna jualnya.
Blibli mengatakan penerapan algoritma AI dan machine learning (ML) menjadi salah satu kunci efisiensi dan peningkatan layanan bisnis dalam beberapa tahun terakhir.
Perusahaan mengatakan salah satu tantangan yang dihadapi sebagai pemain e-commerce adalah menjaga kepuasan pelanggan pada tahap pasca-penjualan.
Oleh karena itu, Blibli melakukan inovasi bisnis dengan menerapkan teknologi AI dan ML pada proses pengembalian segera.
Menurut Blibli, konsumen pada tahap pasca penjualan seringkali bingung mengenai mekanisme pengembalian yang benar, aman dan nyaman serta kesulitan mencari informasi mengenai hal tersebut.
Faktanya, menurut survei Statista yang diterbitkan pada Juni 2023, kemudahan pengembalian barang menjadi salah satu pertimbangan utama masyarakat Indonesia saat memilih platform e-commerce.
Oleh karena itu, Blibli juga menerapkan teknologi AI dan ML untuk menghadirkan solusi pengembalian segera melalui situs web atau aplikasinya.
Aziza Purvitasari, Head of Business Process Transformation Blibli, mengatakan fitur tersebut akan memudahkan pelanggan dalam melakukan pengembalian barang sesuai ketentuan.
Pelanggan hanya perlu mengikuti petunjuk pada formulir yang muncul di aplikasi dan website Blibli.
Termasuk perlu melampirkan foto produk, teknologi pendeteksi kerusakan produk AI akan secara otomatis memeriksa kondisi produk yang ingin dikembalikan, ujarnya.
“Selain itu, AI Auto Solution Rekomendasi akan menggunakan data hasil validasi beserta data riwayat pembelian pelanggan dan ketentuan pengembalian produk untuk memberikan solusi.”
Pelanggan Blibli dapat menemukan solusi Instant Return untuk mengembalikan barang pada tahap pasca pembelian atau setelah transaksi selesai.
Apabila terdapat ketidaksesuaian pada produk yang Anda terima dan ingin melakukan pengembalian, pelanggan Blibli dapat langsung memprosesnya sendiri.
Di sini, pengguna harus memilih dan memotret terlebih dahulu barang yang ingin dikembalikan. Ia kemudian harus melengkapi dan menyerahkan formulir secara online untuk mendapatkan nomor permohonan yang dapat digunakan untuk memantau kemajuan proses.
Pelanggan akan dihubungi oleh agen Blibli Care jika diperlukan informasi tambahan.
Dalam proses ini Blibli menggunakan AI Damage Product Detection yang berfungsi untuk mengetahui secara otomatis kondisi produk yang ingin dikembalikan berdasarkan foto yang diberikan oleh pelanggan.
Fitur ini juga akan memberikan rekomendasi solusi. Misalnya produk yang diterima dalam keadaan rusak, maka hasil deteksi AI pada foto akan menginstruksikan pusat pengembalian untuk segera mengirimkan produk pengganti.