Gandeng Telkomsel, Wuling Perkuat Ekosistem Kendaraan Listrik Berbasis Internet
robbanipress.co.id, Jakarta – Wuling resmi meluncurkan kendaraan listrik barunya Binguo EV, mulai dari Rp 358 juta dan Rp 448 juta. Merek asal Tiongkok ini bekerja sama dengan PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) bersamaan dengan peluncuran kendaraan roda empat bertenaga baterai tersebut.
Pada sesi penandatanganan MoU yang digelar di Cota Casablanca, Wuling menegaskan kembali komitmennya untuk memberikan pengalaman berkendara yang terhubung dan inovatif kepada pelanggan mobil listrik Wuling dengan menggunakan jaringan dan layanan digital terdepan Telkomsel.
“Kami mengumumkan kemitraan strategis antara Wuling dan Telkomsel yang merupakan langkah penting dalam memperkuat ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Melalui kemitraan ini, kami dan Telkomsel berpartisipasi dalam Indonesia Evolution Indonesia: Akselerasi Ekosistem Berkelanjutan untuk Masa Depan Hijau,” ujarnya . Dian Asmahani, Direktur Penjualan dan Pemasaran, Wuling Motors, Casablanca City, Kuningan, Jakarta Selatan.
Diane melanjutkan, Wuling tidak hanya fokus menciptakan layanan mobil bagi pengguna Wuling EV, tetapi juga menciptakan ekosistem yang mendukung mobilitas berkelanjutan bagi semua orang. Salah satu poin kerja sama Walling dan Telkomsel adalah Internet of Vehicles (Connected Car) untuk meningkatkan komunikasi dan pengalaman berkendara.
“Wuling memanfaatkan jaringan Telkomsel dengan memasang dua kartu SIMB2B Telkomsel pada kendaraan listrik Wuling,” kata Dian.
Namun, pemilik mobil listrik Wuling dapat menikmati layanan telematika canggih termasuk pemantauan status kendaraan, navigasi cerdas, dan hiburan dalam mobil. Kolaborasi ini memanfaatkan solusi IoT (Internet of Things) untuk memberikan pelanggan pengalaman berkendara yang cerdas dan lebih baik.
Wuling kemudian bekerja sama dengan Telkomsel di bidang Fleet Management Systems. Telkomsel menawarkan solusi IoT khusus yang dirancang untuk menggerakkan sistem guna mendukung pemilik kendaraan listrik Wuling. Solusi ini tidak hanya mencakup pemantauan dan pelaporan kinerja kendaraan secara real-time, namun juga integrasi stasiun pengisian listrik yang tepat.
Kemitraan ini akan memberikan sistem manajemen armada yang efisien dan terintegrasi, menciptakan peluang peningkatan produktivitas melalui penggunaan armada yang dapat menjawab kebutuhan perkembangan teknologi energi terbarukan sejalan dengan kegiatan perlindungan lingkungan dan masa depan yang berkelanjutan.
Sementara itu, Wuling dan Telkomsel berencana meluncurkan kampanye pemasaran berdasarkan kebutuhan dan kebutuhan pelanggan menggunakan platform Telco Data Insights, yang membuka peluang bagi lebih dari 157 juta pelanggan Telkomsel.
“Dalam semangat Telkomsel yang terinspirasi dari Indonesia, kami bekerja sama dengan Walling untuk memberikan solusi terdepan guna memperkuat ekosistem kendaraan listrik guna menciptakan pembangunan berkelanjutan,” kata Direktur Jaringan Telkomsel Indra Mardiatna.