Sandiaga Uno Sebut Indonesia Butuh Konser Taylor Swift untuk Bantu Dongkrak Sektor Pariwisata

Read Time:3 Minute, 37 Second

robbanipress.co.id, Jakarta – Pemerintah Indonesia mencari motivasi lebih untuk menyelenggarakan lebih banyak acara musik, olahraga, dan budaya internasional untuk menarik wisatawan, terutama wisatawan asing, agar berbelanja lebih banyak dan tinggal lebih lama. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengungkapkan Indonesia membutuhkan ‘Swiftonomics’ untuk mendongkrak industri pariwisata.

‘Swiftonomics’ adalah istilah yang dibuat untuk merujuk pada dampak ekonomi dari konser Taylor Swift. Di Asia Tenggara, hanya Singapura yang dapat menjadi tuan rumah konser global enam hari The Eras Tour. Sebelumnya, Negeri Singa juga mendapat kuota untuk menggelar konser band asal Inggris Coldplay selama hampir seminggu. Sedangkan Indonesia hanya diberi waktu satu hari.

Mengutip Bloomberg, Kamis (22 Februari 2024), Sandi mengatakan pemerintah telah mengalokasikan anggaran pariwisata sebesar 64 juta dolar atau setara Rp 1 triliun untuk mendorong penyelenggaraan acara seperti So. “Kami membutuhkan apa yang bisa dilakukan pemerintah Singapura dan Australia, khususnya memulangkan Taylor Swift,” kata Sandiaga dalam wawancara dengan Bloomberg TV.

Indonesia, sebagai negara dengan perekonomian terbesar di Asia Tenggara, juga berencana untuk menerapkan lebih banyak peraturan bebas visa, lanjutnya, dan menyederhanakan perizinan untuk memudahkan penyelenggaraan acara. 

Sandi kembali mengatakan, “Saya sangat optimis dengan beberapa transformasi yang kita lakukan di bidang pariwisata, tahun depan kita bisa memperoleh hasil yang lebih baik”. 

Konser Taylor Swift di Singapura akan diadakan pada tanggal 2-4 Maret 2024 dan akan berlanjut pada tanggal 7-9 Maret 2024 di Singapore National Stadium di Singapura. Diperkirakan ratusan ribu Swifties akan berbondong-bondong menyaksikan konser enam hari tersebut. 

Sebelumnya, Badan Pariwisata Singapura (STB) serta Kementerian Komunitas, Kebudayaan, dan Pemuda (MCCY) menanggapi pertanyaan media setelah Perdana Menteri (PM) Thailand Srettha Thavisin menuduh Nation Lion memonopoli pertunjukan Taylor Swift di Asia Tenggara.

Menurut CNA, pada Rabu 21 Februari 2024, pihak perusahaan mengaku mensponsori kesepakatan sponsorship untuk membantu membawa tur dunia Swift ke Singapura. Namun, mereka belum mengonfirmasi apakah kesepakatan eksklusif telah dicapai untuk mencegah penyanyi My Tears Ricochet menampilkan pertunjukan The Eras Tour di tempat lain di Asia Tenggara, menurut pernyataan yang dirilis pada Kamis, 20 Februari 2024.

Keraguan seputar kesepakatan program ini muncul pada hari Jumat, 16 Februari 2024, ketika Thavisin mengatakan pemerintah Singapura menawarkan antara US$2 juta hingga US$3 juta per program sebagai imbalan atas “kontrak eksklusif di Asia Tenggara”. Srettha mengatakan promotor acara tersebut, AEG, memberitahunya tentang persyaratan tersebut. Dalam tanggapan bersama mereka terhadap CNA, MCCY dan STB tidak merinci jumlah hibah atau persyaratan terkait.

Mereka mengatakan MCCY dan Kallang Alive Sport Management “bekerja langsung” dengan AEG untuk mengundang Swift tampil di National Stadium Singapura. Dia “menyadari akan ada permintaan yang signifikan” dari penggemar lokal dan regional untuk pertunjukan tersebut.

“STB juga mendukung acara ini melalui dana sponsorship”, tambah mereka. Kallang Alive Sport Management, sebuah entitas yang sepenuhnya dimiliki oleh MCCY, mengelola Singapore Sports Hub, rumah bagi Stadion Nasional Singapura.

MCCY dan STB menyebutkan lebih dari 300.000 tiket terjual, dengan sebagian besar penggemar Taylor Swift datang dari negara lain. MCCY dan STB mengatakan: “Konser Taylor Swift ini kemungkinan besar akan membawa manfaat yang signifikan bagi perekonomian Singapura, khususnya kegiatan pariwisata berupa perhotelan, ritel, pariwisata dan kuliner, seperti yang terjadi di kota-kota lain di mana Taylor Swift pernah tampil. ” .”

Singapura merupakan salah satu dari dua perhentian tur dunia Swift di Asia, yang mengakhiri empat tanggal di Tokyo pada awal Februari 2024. Penampilan global sang musisi diharapkan dapat mendongkrak perekonomian kota-kota tujuan, terutama di bidang pariwisata terkait pertunjukan. 

Misalnya saja tur Swift di Australia. Menurut walikota setempat Sally Capp, nilai ekonomi dari pertunjukan penyanyi berusia 34 tahun di Melbourne itu diperkirakan mencapai A$1,2 miliar. Penyanyi tersebut akan menampilkan empat pertunjukan lagi di Sydney, dari 23 hingga 26 Februari 2024, dengan total tujuh pertunjukan di Australia.

Setelah Singapura, konser Swift berikutnya akan berlangsung di Paris pada 9 Mei 2024, disusul destinasi Eropa lainnya seperti London, Amsterdam, Milan, Munich, dan Wina. Ketika pemerintah negara bagian Australia Barat membuat kesepakatan dengan band rock Inggris Coldplay untuk mengadakan pertunjukan eksklusif di Perth tahun lalu, hal itu digambarkan sebagai “kudeta turis besar-besaran”.

Pada saat itu, mereka mengatakan pertunjukan tersebut diharapkan dapat menarik ribuan pengunjung internasional dan antar negara bagian ke Australia Barat. Di sisi lain, penggemar Swift di Asia Tenggara kecewa tahun lalu ketika diumumkan bahwa Singapura akan menjadi satu-satunya tempat perhentian penyanyi-penulis lagu tersebut di wilayah tersebut.

Penggemar Taylor Swift di Filipina meluncurkan kampanye tersebut melalui tagar #WeWantErasTourPhillipines. Mereka berusaha meyakinkan Swift untuk tampil di Tanah Air.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Irak U-23 Akui akan Serang Indonesia U-23 dengan Kekuatan Fisik
Next post