Era Baru MotoGP Dimulai 2027, Ini Aturan Mainnya
robbanipress.co.id, Jakarta – Balap motor dunia MotoGP bersiap menyambut era baru. Pasalnya, regulasi terbaru akan diterapkan pada musim 2027. Aturan main yang ditentukan sangat berbeda dengan yang digunakan saat ini, termasuk pengurangan kapasitas mesin.
Sepeda motor MotoGP generasi terbaru lebih cocok untuk street bike dan lebih irit. Semuanya mendukung stabilitas global dan dirancang untuk memberikan aksi balap dan menyalip yang lebih baik.
Mesin
Mulai tahun 2027, volume mesin akan berkurang dari 1000 meter kubik menjadi 850 meter kubik. Hal ini mengurangi kecepatan tertinggi, membuat berkendara lebih aman dan meningkatkan jarak tempuh. Sehingga lebih efisien dan berkelanjutan.
Lubang silinder berkurang dari 81 mm menjadi 75 mm. Ini secara otomatis membatasi kinerja. Oleh karena itu, motor ini lebih cocok untuk digunakan di jalan raya, dengan tetap mempertahankan karakteristik mesin yang selalu membuat MotoGP begitu seru.
Bahan bakar
Balap motor MotoGP akan menggunakan bahan bakar 100 persen ramah lingkungan mulai tahun 2027, naik dari minimal 40 persen pada tahun 2024.
Sebagai bagian dari aturan baru, kapasitas tangki bahan bakar juga dikurangi dari 22 liter menjadi 20 liter. Dan pelari diperbolehkan menggunakan 11 liter dalam lomba lari cepat.
Aerodinamika
Aerodinamika akan dikurangi dan dikontrol secara ketat mulai tahun 2027. Tujuannya adalah untuk meminimalisir dampak negatifnya. Bagian atas fairing depan lebih sempit 50mm, dan hidung sepeda didorong ke belakang 50mm.
Hal ini mengurangi efek aero di area kritis, jalan lurus, dan zona pengereman. Hal ini membuat balapan menjadi dekat dengan menyalip.
Di bagian belakang, aerodinamis di belakang pelari akan menjadi bagian homologasi mulai tahun 2027. Untuk mengendalikan biaya, tim hanya diperbolehkan melakukan perbaikan satu kali per musim.
Perangkat Ketinggian Perjalanan dan Holeshot
Di era peraturan tahun 2027, semua perangkat penurun ketinggian pengendaraan dan lubang akan dilarang. Aturan tersebut diterapkan untuk mengontrol performa dan membuat balapan lebih aman, terutama saat balapan dimulai.
Hal ini lebih menekankan pada skill masing-masing pembalap, seperti aerodinamis untuk meningkatkan kemampuan menyalip.
Untuk menyamakan kedudukan, semua data GPS pembalap akan tersedia untuk semua tim setelah setiap sesi.
Ini memberikan data kepada semua pesaing, menawarkan peluang promosi yang lebih baik bagi tim dan pengemudi yang kurang terlayani, dan dengan harga yang terkendali.
Akses terhadap beragam data tersebut diyakini dapat membantu membuat balap motor lebih aman. Selain itu, kami berharap ini akan meningkatkan tingkat pemahaman yang tersedia bagi para penggemar di seluruh dunia.
Konsesi
Sistem konsesi yang diterapkan pada akhir musim 2023 saat ini akan terus berlanjut. Namun, dengan berlakunya peraturan teknis baru pada tahun 2027, semua pabrikan akan memulai musim di kelas B.
Setiap tim kemudian akan dievaluasi ulang pada pertengahan musim pada musim panas 2027. Tim balap dapat mengubah peringkat ke atas atau ke bawah untuk mendapatkan diskon lebih banyak atau lebih sedikit.
Sistem reaktif ini berarti kinerja produsen diperhitungkan sejak hari pertama, menjaga persaingan sedekat mungkin dengan dimulainya era baru.
Sumber: Oto.com