‘Live Shopping’ Tetap Jadi Primadona
robbanipress.co.id Tekno – Lembaga riset publik Ipsos melaporkan bahwa pemasaran digital yang banyak diadopsi oleh pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam beberapa tahun terakhir akan terus populer di tahun ini. Andi Sukma, CEO Ipsos Indonesia, mengatakan prediksi tersebut dapat terpenuhi karena live shopping memiliki banyak keunggulan dibandingkan metode penjualan yang terdapat di pasar online: “Inilah yang disukai penjual, karena kemudahan yang ditawarkan. diskusi pada Senin, 15 Januari 2024, katanya, “Itu konsumen. Mereka nyambung dan nyambung. “Ini salah satu daya tarik yang sulit ditandingi dengan kegiatan tradisional,” kata Laporan tersebut dilakukan pada triwulan III 2024. Tahun lalu, ada 360 UMKM berusia 18-55 tahun yang tersebar di Jabodetabek, Semarang, Surabaya, Medan, dan Makassar. daerah ikut menyasar penjualan online UMKM dan harus memenuhi strategi pemasaran dengan menggunakan live sales sebagai saluran penjualan. Setelah melihat riset, para pelaku UMKM merasakan hasil yang baik setelah rutin berjualan di internet menggunakan saluran belanja, antara lain memperluas jangkauan pasar, menabung. untuk biaya iklan dan meningkatkan kepercayaan pelanggan. Kemudian 68 persen menyatakan bisa memperluas pasarnya dan beberapa hasilnya terlihat pada pelaku UMKM, ujarnya. lancar karena komunikasi real-time, 59 persen menyatakan lebih dipercaya oleh pelanggan dan 49 persen menyatakan merasa lebih aman dalam bertransaksi persen, Lazada Live sebesar 71 persen, dan Tokopedia Play sebesar 62 persen. Produk yang dijual secara online oleh pelaku UMKM dan kelompok fesyen sebesar 56 persen, disusul kelompok perawatan dan kesehatan sebesar 39 persen FMCG, dan kelompok gaya hidup sebesar 32 persen. Oleh karena itu, Ipsos Indonesia optimis live shopping akan tetap penting di tahun 2024 dan akan dijadikan metode pemasaran online oleh banyak UMKM. “Kami juga melihat platform tersebut juga akan melihat fenomena live trading. Semakin berkembang, semakin banyak masyarakat yang menggunakan platform lain,” jelas Andi. Bobby Nasution ingin mengembangkan UMKM di Sumut dengan rencana Sumut yang digital. Gubernur Nomor 1 Gubernur Bobby Nasution, Sumut menegaskan, pihaknya sudah menyiapkan program untuk menjadi UMKM di Turki, salah satunya Pemprovsu (P robbanipress.co.id.co.id 16 Oktober 2024).