United Airlines Rumahkan Pilot Akibat Penundaan Pengiriman Pesawat Boeing

0 0
Read Time:5 Minute, 34 Second

Liptan6.com, Jakarta – Memo internal yang dikirim oleh serikat pilot mengungkapkan bahwa United Airlines meminta pilotnya untuk mengambil cuti sukarela yang tidak dibayar pada bulan Mei karena keterlambatan pengiriman unit pesawat Boeing.

“Karena penundaan pengiriman, kami akan mengurangi jam kerja yang direncanakan pada tahun 2024 dan menawarkan program sukarelawan kepada pilot kami selama bulan Mei untuk mengurangi kelebihan staf,” kata United Airlines dalam sebuah pernyataan kepada CNN, Senin. . (3 April 2024).

Hal ini juga terjadi ketika industri penerbangan memperingatkan akan kekurangan pilot dalam jumlah besar karena angkatan kerja mulai menua setelah cuti massal akibat virus corona.

Memo tersebut juga mencatat bahwa program sukarelawan dapat diperpanjang hingga musim panas dan musim gugur. Usulan tersebut berarti bahwa perusahaan akan terus memberikan tunjangan tertentu kepada pilot saat mereka tidak bekerja.

Perkembangan menunjukkan dampak krisis produksi Boeing meluas ke bisnis maskapai penerbangan, khususnya United Airlines yang 81% bisnis intinya menggunakan pesawat Boeing. Administrasi Penerbangan Federal (FAA) memperketat pengawasannya terhadap United Airlines setelah lebih dari selusin insiden terjadi di maskapai tersebut.

United Airlines mengumumkan bahwa mereka telah menangguhkan perekrutan pilot baru “karena berlanjutnya sertifikasi pesawat baru dan penundaan produksi di Boeing.”

Southwest Airlines, yang hanya mengoperasikan pesawat Boeing 737, akan memiliki 50% lebih sedikit pilot dan 60% lebih sedikit pramugari tahun ini dari yang direncanakan, karena Boeing akan mengurangi pengiriman ke maskapai penerbangan sekitar 40%. Perusahaan juga berencana mengurangi kapasitas dari rencana sebelumnya, dengan menawarkan kursi sekitar 1 persen lebih sedikit dari yang direncanakan.

CEO United Scott Kirby mengatakan kepada investor pada Maret 2024 bahwa perusahaan sedang mempertimbangkan untuk membeli pesawat tambahan dari saingan Boeing, Airbus.

Dia mengatakan awal tahun ini bahwa kecelakaan Alaska Airlines pada 5 Januari, ketika sebuah pesawat Boeing 737 Max 9 kehilangan penahan pintunya di tengah penerbangan, meninggalkan lubang di sisi pesawat, adalah “kaca terakhir”. Berharap untuk menerima Max 10 dalam waktu dekat.

United Airlines menggunakan lebih banyak pesawat Boeing dibandingkan pesaingnya American Airlines dan Delta Air Lines, yang hanya memiliki sekitar setengah armada Boeing mereka. Serikat pekerja mengumumkan pada Senin, 1 April 2024, bahwa masalah pengiriman terkait dengan pesawat 787 dan 737.

Pada tanggal 15 Maret, sebuah United Airlines Boeing 737-800 mendarat di Medford, Oregon dengan panel eksterior hilang, namun tidak ada penumpang yang terluka. Juga di bulan yang sama, pesawat United Boeing lainnya mengalami kebakaran mesin setelah lepas landas, satu tergelincir dari landasan pacu, satu kehilangan roda saat lepas landas, dan satu lagi kehilangan cairan hidrolik.

“Meskipun tidak ada hubungannya, insiden ini menjadi perhatian kami dan kami ingin Anda tahu bahwa fokus kami lebih tajam,” kata Kirby dalam pesannya kepada pelanggan pada bulan Maret.

Boeing menjadi sorotan sejak kecelakaan Boeing 737 Max 9 Alaska Airlines.

Ini bukan pertama kalinya United Airlines mengurangi jumlah pilotnya. Selama pandemi, maskapai penerbangan telah mengeluarkan puluhan ribu cuti dan penarikan sukarela karena kurangnya penerbangan.

Seperti diberitakan sebelumnya, CEO Boeing Dave Calhoun telah mengumumkan akan mundur pada akhir tahun ini. Keputusan mereka diambil di tengah meningkatnya krisis mengenai reputasi keselamatan perusahaan.

Boeing juga mengumumkan bahwa CEO divisi penerbangan sipilnya akan segera pensiun, dan presiden perusahaan tersebut tidak akan mencalonkan diri kembali.

Boeing menjadi sorotan pada Januari lalu ketika sebuah pintu yang tidak digunakan meledak di Boeing 737 Max tak lama setelah lepas landas. Kejadian ini memberi tekanan pada perusahaan.

Tidak ada yang terluka, namun standar keselamatan dan kendali kualitas Boeing kembali dipertanyakan. Banyak komentator percaya bahwa perubahan kepemimpinan Boeing sudah lama tertunda. “Kita memerlukan restrukturisasi di tingkat tertinggi,” kata Stewart Glickman dalam laporan BBC yang ditulis, Selasa (26 Maret 2024).

Analis ekuitas di CFRA Research menambahkan bahwa mereka yakin permasalahan yang ada saat ini disebabkan oleh kelemahan dalam budaya perusahaan, yang hanya dapat diperbaiki dengan wawasan baru.

“Saya rasa suara internal tidak bisa mengubah budaya karena menurut saya sudah terlalu lama hal seperti itu terjadi di perusahaan ini,” ujarnya.

Calhoun menjadi CEO Boeing pada awal tahun 2020, menggantikan Dennis Muilenburg, yang dipecat menyusul salah satu skandal perusahaan yang paling serius.

Dalam waktu lima bulan, dua pesawat 737 Max baru hilang dalam insiden yang hampir sama, menewaskan 346 penumpang dan awak.

Setelah diangkat menjadi CEO, Calhoun, yang saat itu menjabat sebagai anggota dewan, berjanji untuk memperkuat “budaya keselamatan” Boeing dan “membangun kembali kepercayaan”.

Namun, pada bulan Januari tahun ini, sebuah Alaska Airlines Boeing 737 Max meledak tak lama setelah lepas landas dari Bandara Internasional Portland karena pintu darurat tidak berfungsi.

Analisis awal Dewan Keselamatan Transportasi Nasional menyimpulkan empat baut pengaman pintu pesawat tidak dipasang.

Boeing sedang menjalani penyelidikan kriminal atas insiden tersebut, serta gugatan perdata yang diajukan oleh penumpang pesawat tersebut.

Dalam pesannya kepada karyawannya pada hari Senin, Calhoun mengatakan insiden Alaska Airlines adalah “momen yang menentukan” bagi Boeing dan mengatakan perusahaan harus menanggapinya dengan “kerendahan hati dan transparansi penuh.”

“Mata dunia tertuju pada kami, dan kami yakin bahwa mulai saat ini kami akan menjadi perusahaan yang lebih baik,” lanjutnya.

Ed Pearson, seorang aktivis keselamatan penerbangan dan mantan manajer senior lini produksi Boeing 737 di Renton, Washington, mengatakan akan membutuhkan waktu bertahun-tahun bagi Calhoun untuk meningkatkan keselamatan perusahaan.

“Ada kegagalan demi kegagalan,” kata Pearson, yang kini menjabat direktur eksekutif Aviation Safety Foundation.

“Perusahaan ini berhak mendapatkan kepemimpinan yang lebih baik, dan orang-orang di pesawat ini berhak mendapatkan kepemimpinan yang lebih baik,” katanya.

Bencana ini menguji hubungan Boeing dengan pelanggan maskapai penerbangan dan regulator serta menghidupkan kembali kekhawatiran bahwa budaya perusahaan mengutamakan kecepatan dibandingkan keselamatan.

Awal bulan ini, Federal Aviation Administration (FAA) mengumumkan bahwa audit enam minggu terhadap proses produksi Boeing 737 Max milik Boeing dan pemasoknya Spirit AeroSystems menemukan beberapa contoh di mana perusahaan tersebut gagal memenuhi persyaratan kendali mutu manufaktur. ‘

Temuan ini muncul setelah panel ahli yang menyelidiki budaya keselamatan Boeing menemukan adanya “keterputusan” antara manajemen puncak dan karyawan biasa, yang takut untuk menyampaikan kekhawatiran karena takut akan adanya pembalasan

Setelah dua kecelakaan pesawat pada bulan Oktober 2018 dan 2019, ditetapkan bahwa kecelakaan tersebut disebabkan oleh kelemahan pada perangkat lunak kontrol penerbangan, sebuah fakta yang sengaja disembunyikan oleh Boeing dari pihak berwenang.

Perusahaan setuju untuk membayar $2,5 miliar (sekitar £1,8 miliar) untuk menyelesaikan tuduhan penipuan dan mengakui kebohongan, tetapi kemudian secara resmi membebaskan diri di pengadilan.

Perusahaan tersebut kemudian menghadapi tuduhan luas bahwa mereka memprioritaskan uang di atas nyawa penumpang.

Maskapai penerbangan termasuk Ryanair telah memperingatkan melonjaknya harga tiket dan berkurangnya jadwal penerbangan karena penundaan pengiriman pesawat.

Penundaan ini menyebabkan kerugian miliaran dolar bagi Boeing, sementara pesaingnya, Airbus, diuntungkan. Perusahaan juga mendapat kritik karena gagal berinovasi.

Spekulasi mulai bermunculan mengenai siapa yang akan menjadi penerus Tuan Calhoun, namun jumlah kandidat yang memenuhi syarat sangat sedikit.

John Strickland, pakar transportasi udara di JLS Consulting, memperingatkan bahwa upaya perusahaan masih jauh dari selesai.

“Memberhentikan orang adalah hal yang bagus, tetapi apa yang akan Anda lakukan untuk mempertahankan bisnis tetap berjalan?” kata Strickland. “Ini lebih mudah dikatakan daripada dilakukan.”

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %